Teater TOPY Present “NASIB”

Masa muda adalah masa yang sarat dengan daya imajinasi, daya kreasi, dan besarnya semangat untuk meraih mimpi. Namun, semangat saja tidak cukup, perlu adanya aksi.  Dan inilah karya seni garapan dari sutradara Fajar G.S dan Tubagus yang menghasilkan suatu pementasan teater yang berjudul “NASIB”.
Nasib adalah cerita yang diadaptasi dari naskah ‘Orang-orang Bawah Tanah’ yang merupakan salah satu karya dari R.Giryadi.


Pada 11 Januari 2019 teater Topy mementaskan suatu study pentas. Pada pementasan ini sedikit berbeda dengan pementasan topy sebelum-sebelumnya, karena para aktor diambil sebagian besar dari anak mahasiswa baru yang baru saja ikut bergabung dalam keluarga ukm teater ini.
Hal ini bertujuan untuk mengenalkan kesenian terutama teater pada adik adik mahasiswa baru. Selain itu, juga tentunya sebagai usaha menambah pengalaman bagi mahasiswa di bidang seni serta menambah pengetahuan mahasiswa tentang pementasan drama. Diharapkan mahasiswa mampu menguasai seni tidak hanya melalui teori tetapi juga praktiknya.


Naskah yang dipentaskan ini merupakan naskah yang tidak gampang tentunya, di dalamnya mengandung banyak sekali pesan moral yang ingin disampaikan si penulis. Itulah salah satu tantangan dari para pemain untuk menyampaikan kepada penonton agar amanat yang terkandung dapat tersampaikan dengan baik sehingga mampu dipahami penonton.
Cerita ini diperankan oleh :

  • Rosita Uswatun Khasanah Putuyana (Prodi Akuntansi semester 1)
    sebagai Perempuan Tua
  • Krisia Monika Rani (Prodi Manajemen semester 1)
    sebagai orang 1
  • Millenia Rahmah Dinia (Prodi Pendidikan Sejarah semester 1)
    sebagai orang 2
  • Astin Eka Tumarjio (Prodi Pendidikan Sejarah semester 1)
    sebagai orang 3
  • Alya Safira Salsabila (Prodi PBSI semester 1)
    sebagai kuat
  • Devi Melani (Prodi Pendidikan Sejarah semester 1)
    sebagai genius
  • Nurmara Fitri Syabrilian (Prodi Manajemen semester 3)
    sebagai limpa
  • Sarip Nurhidayat (Prodi PBSI semester 1)
    sebagai lelaki tua
  • Fian Akhmad Ikhsani (Prodi PBSI semester 1)
    sebagai nasib 1
  • Agun Rukenda (Prodi Manajemen semester 1)
    sebagai nasib 2
  • Yohanes Demo Tri Anggara (Prodi Manajemen semester 5)
    sebagai nasib 3

Keberhasilan dari pementasan ini tidak pernah luput dari para peran yang ada di belakang layar tentunya. Mereka berjuang penuh untuk mensuksekan acara ini. Mereka adalah diantaranya: Pandu Savanta (pimpinan produksi), Alfaina Nafisah H (sekretaris), Ikhtiar Nonihayati (bendahara), Nurfian Rahmawati (sponsorship), Fian Akhmad & Astin (humas), Okta (PDD), Krisia Monika & Rosita (konsumsi), Agun R (koor artistic), Sarip (setting), Alya Safira (make up), Millen & Devi (kostum), Wahyu & Galang and team (pemusik).

Jika dilihat dari hasil penjualan tiket maka bisa disimpulkan pemestasan ini cukup meriah dan berhasil. Dari target tiket yang harus terjual adalah 200 tiket, dan hasilnya sudah melebihi target. Belum lagi ditambah dengan para tamu undangan. Teater Topy sendiri mengundang jajaran rektorat, seniman seniman teater jogja, dan ukm teater universitas sahabat.
Dengan terwujudnya pementasan ini diharapkan penonton mampu mengambil pesan dan menarik hal yang positif di dalamnya.  Untuk kesempatan pementasan selanjutnya teater Topy akan menampilkan hal yang lebih baik dan lebih baik lagi. Teater Topy selalu belajar dari pengalaman yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *