HMP Pendidikan Sejarah UPY Memperingati Hari Pahlawan Tahun 2019

Untuk memperingati Hari Pahlawan tahun 2019, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah (HMP P Sejarah) Universitas PGRI Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Peringatan Hari Pahlawan yang dilaksanakan selama dua hari.

Sabtu ( 09/11/2019 ) digelar kegiatan pemutaran film, diskusi, dan doa bersama. Acara ini dibuka oleh Bapak Bayu Ananta Wibowo,M.Pd yang mewakili Kaprodi Pendidikan Sejarah yang tidak bisa hadir pada kesempatan tersebut. Dalam kegiatan tersebut, film yang diputar berjudul “ Sebelum Serangan Fadjar “ produksi Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2014. Setelah pemutaran film, dilanjutkan kegiatan diskusi tentang film yang diputar. Jalannya diskusi di pandu oleh saudara Muhammad Reza Tantowi, mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah angkatan 2017. Dalam diskusi tersebut, disimpulkan bahwasannya pencetus ide Serangan Umum 1 Maret 1949 adalah Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan pemimpin lapangan serangan tesebut adalah Letkol Suharto.

Setelah kegiatan diskusi berlangsung, acara ditutup dengan doa bersama yang di pimpin oleh saudara Sahruni, mahasiswa Prodi Pendidikan angkatan 2017. Selanjutya, acara Peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 bersambung keesokan hariya, Minggu ( 10/11/2019 ) yaitu kegiatan Ziarah dan Tabur Bunga. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan ( TMP ) Kusumanegara. Dalam kegiatan tersebut, turut hadir dosen Prodi Pendidikan Sejarah, antara lain Bapak Fahrudin,M.Pd dan Bapak Bayu Ananta Wibowo,M.Pd. Kegiatan tersebut dimulai dengan doa bersama di depan pusara Alm.Jendral Sudirman dan dilanjutkan tabur bunga di komplek TMP Kusumanegara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *